Hari ke-59 Pramuka, Kwarda Babel Buktikan Eksistensi Penanganan Covid-19



14 Aug 2020       Dilihat 318 kali       Administrator



Hari ke-59 Pramuka, Kwarda Babel Buktikan Eksistensi Penanganan Covid-19

PANGKALPINANG - Menapaki usia setengah abad lebih, Praja Muda Karana (Pramuka) tetap eksis baik di tingkat nasional maupun lokal. Di kepemimpinan Kak Melati Erzaldi, wajah Pramuka Babel juga semakin unjuk gigi dengan sejumlah program dan inisiatif ikut membantu pemerintah di masa pandemi Covid-19. Hal ini pun sesuai dengan Tema Hari Pramuka 2020 adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Covid-19 dan Bela Negara.

Dalam rangka membantu penanggulangan bencana Covid-19 dan Bela Negara, Kwarda Babel telah melaksanakan rangkaian kegiatan, seperti: penugasan Satgas Pramuka untuk ambil bagian dalam penanggulangan covid-19, menyediakan instalasi cuci tangan yang disebar ke suruh Babel, serta membagikan paket bahan pokok dan makanan siap santap. Kemudian, Kwarda Babel juga tetap menghadirkan latihan-latihan Kepramukaan lewat webinar, Home Scout challenge dan penugasan.

Terkait dengan bela negara, Kwarda Babel juga berpartisipasi dalam upaya antisipasi krisis pangan. Kwarda Babel melaksanakan program Melati Tuk Ketapang (Memanfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan), Demonstrasi Plot, dan Smart Eco Garden.

"Semua program ini kita harap dapat dilakukan secara masif dengan menggerakkan 7 Kwarcab se-Babel," kata Kak Melati melaporkan pada saat Upacara Peringatan 59 Tahun Gerakan Pramuka Jumat (14/8/2020) kemarin di Halaman Kantor Gubernur Babel.

Tahun ini juga, upacara bertepatan pada tanggal 14 Agustus yang merupakan Hari Pramuka sesuai dengan masukan dari para pengurus Kwarda untuk menghelat upacara ini tepat waktu. Meski di masa Covid-19 tidak menyurutkan antusias para kakak-kakak Pramuka di Babel ini.

"Saya mendapat tim yang luar biasa solid ini bukti kerja di lapangan kita bisa selenggarakan tepat tanggal 14 ini. Walau jumlah peserta upacara tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena ada covid-19, tapi ini saya melihat yang hadir tidak kehilangan euforia hari Pramuka," ujarnya.

Melati juga mengapresiasi mereka yang hadir dalam gelaran upacara dan pelantikan. Sejumlah pengurus cabang tampak hadir dalam gelaran ini. Dia juga bangga karena petugas upacara ini mulai usia siaga sampai pandega.

"Ini terlihat jati diri kita tidak hilang timbul dan semoga selama saya sebagai Kakwarda di Babel dan Kak Erzaldi Kamabida akan mendapat dukungan penuh untuk membumi Serumpun Sebalai Pramuka di Babel," tutupnya. (*)


Sumber : Kwarda Babel
Penulis : Juliadi
Editor : Awan
Fotografer : Humas Kwarda

Selamat Datang di Website Resmi Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung