Kakwarda Harap JOTA JOTI Nasional Tingkatkan Kreativitas Pramuka Babel



21 Oct 2020       Dilihat 1529 kali       Administrator



Kakwarda Harap JOTA JOTI Nasional Tingkatkan Kreativitas Pramuka Babel

PANGKALPINANG - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kwarda Babel) melalui Dewan Kerja Daerah Pramuka Penegak dan Pandega (DKD) Babel menggelar Jamboree On The Air (JOTA) and Jamboree In TheInternet (JOTI) selama dua hari, 17-18 Oktober 2020. Ketua Kwarda Babel, Kak Melati berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas Pramuka Babel, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Pramuka dituntut untuk tetap aktif namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Semoga kegiatan JOTA JOTI Nasional dapat meningkatkan kreatifitas bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang ikut serta dalam kegiatan ini," kata Kak Melati.

JOTA-JOTI tahun ini dibagi menjadi dua sesi, guna menghindari kerumunan dan interaksi dalam jumlah banyak. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya menjawab tantangan di era perkembangan teknologi agar anggota Gerakan Pramuka mampu bersaing dan berkontribusi dalam perkembangan zaman. 

"JOTA dan JOTI ini merupakan salah satu wadah untuk membekali anggota Pramuka menghadapi perkembangan di era 4.0. Kita mengharapkan kegiatan ini tidak hanya menjadi satu rutinitas belaka. Semoga ini dapat mempererat hubungan dan menuju perubahan lebih baik," urai Kak Melati.

Sementara, Ketua Pelaksana, Ryanda Fals mengatakan kegiatan ini untuk mengarahkan anggota Pramuka lebih tahu dan mengerti dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi. Kegiatan ini juga sebagai sarana komunikasi yang efektif dan efisien bagi anggota Pramuka di seluruh Indonesia.

"Dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan dan mengembangkan budaya komunikasi melalui Radio Amatir dan Internet, menambah wawasan tentang dunia teknologi informasi dan digital, meningkatkan kreativitas anggota Pramuka dan menambah wawasan serta pengetahuan tentang manfaat, penggunaan dan pengoperasian peralatan Radio Amatir dan perangkat dunia maya," anggota DKD Babel ini.

Kegiatan di Sekretariat Kwarda Babel ini juga diperuntukkan menjalin kekeluargaan dan menambah sahabat melalui pertemuan di dunia maya. Utamanya menerapkan dan mengembangkan ilmu serta pengalaman dalam kegiatan menggunakan radio amatir serta internet.

"Tahun ini kegiatan mengangkat tema Gerakan Pramuka Sebagai Pelopor Kedisplinan dan Kepedulian Nasional di Masa Pandemi Covid-19," imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari masing-masing cabang se-Kwartir Daerah Bangka Belitung. Pada sesi pertama pada Sabtu (17/10/2020) sebanyak 10 orang dari Bangka Tengah, 5 orang dari Basel, 5 orang dari Basel dan 5 orang dari Pangkalpinang. Kemudian dilanjutkan pada Minggu (18/10/2020) dengan peserta dari Pangkalpinang 8 orang, dari Bangka 7 orang dan Bangka Barat 5 orang. (*)


Sumber : Kwarda Babel
Penulis : Juliadi
Editor : Awan
Fotografer : Humas Kwarda

Selamat Datang di Website Resmi Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung