Pramuka Garuda Bakal Diganjar Beasiswa



11 Sep 2020       Dilihat 644 kali       Administrator



Pramuka Garuda Bakal Diganjar Beasiswa

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kwarda Babel) berupaya mengapresiasi peserta didik siaga, penggalang, penegak dan pandega yang mampu mencapai penghargaan Pramuka Garuda. Keseriusan ini diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman Kwarda Babel dengan Universitas Negeri Bangka Belitung (UBB), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, dan Dinas Pendidikan Babel, di Gedung Mahligai, Rumdin Gubernur Babel, kemarin (11/9).

Dalam hal ini, penandatanganan dilakukan langsung oleh Ketua Kwarda Babel, Kak Melati dengan Rektor UBB, Dr. Ibrahim, Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddiq Babel, Dr Zayadi, dan Kepala Dinas Pendidikan Babel yang diwakili Sekretaris, Rita Aryani. Poin penting apresiasi yaitu hak istimewa masuk ke jenjang SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi terkait dengan zero zonasi dan beasiswa yang menunjang prestasi akademik.

Kerja sama yang diusung dengan Dinas Pendidikan Babel, yaitu penerimaan siswa baru SMA/SMK melalui jalur zonasi prestasi bagi Pramuka Garuda golongan Penggalang (SMP/MTs) dan pemberian beasiswa atau fasilitas lain yang dapat menunjang prestasi akademik bagi Pramuka Garuda golongan Penegak (SMA/SMK/MA). Kerja sama yang diusung dengan UBB, yaitu Penerimaan mahasiswa baru UBB melalui jalur khusus Pramuka Garuda golongan Penegak (SMA/SMK/MA) dan pemberian beasiswa atau fasilitas lain yang dapat menunjang prestasi akademik bagi mahasiswa yang mencapai Pramuka Garuda. Kerja sama yang diusung dengan IAIN SAS Babel, yaitu pemberian beasiswa atau fasilitas lain yang dapat menunjang prestasi akademik bagi mahasiswa IAIN SAS Babel yang mencapai Pramuka Garuda dan pemberian kuota khusus bagi Pramuka Garuda golongan Penegak (SMA/SMK/MA) dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Sementara, Kwarda Babel bertanggung jawab dalam hal program pencapaian Pramuka Garuda di seluruh Kwartir Cabang se-Babel.

"Kita berharap tahun depan akan bertambah lagi anggota Pramuka Garuda. Dengan penandatanganan MoU ini akan ada hak istimewa kepada Pramuka Garuda," jelas Kak Melati.

Kak Melati menjelaskan, Pramuka Garuda merupakan pencapaian tertinggi dalam semua tingkatan di Gerakan Pramuka, baik dari tingkat siaga, penggalang, penegak maupun pandega. Menurutnya, sesuai dengan gambaran burung garuda, yang mempunyai perawakan gagah, keren dan mempunyai aura kepemimpinan yang luar biasa. Bahkan dalam salah satu candaannya, Kakwarda mengatakan syarat utama untuk menjadi menantunya adalah seorang Pramuka Pandega.

"Salah satu syarat utama saya mencari menantu untuk anak-anak saya adalah harus Pramuka Garuda," candanya.

Predikat Pramuka Garuda harus melalui proses seleksi dan penilaian selama satu tahun oleh pembina, orangtua, teman untuk melihat sikap perilakunya.

"Jadi tidak main-main kalau seorang anggota Pramuka memiliki predikat Pramuka Garuda," imbuhnya. (*)


Sumber : Kwarda Babel
Penulis : Lulus dan Juliadi
Editor : Awan
Fotografer : Humas Kwarda

Selamat Datang di Website Resmi Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung