Rakornis Pusdik se-Babel untuk Samakan Persepsi Pembinaan Pramuka



12 Sep 2020       Dilihat 402 kali       Administrator



Rakornis Pusdik se-Babel untuk Samakan Persepsi Pembinaan Pramuka

KWARTIR Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kwarda Babel) melalui Pusdiklatda Pramuka Babel menyelenggarakan rapat koordinasi teknis (rakornis) Pusdiklatda-Pusdiklatcab se-Babel pada Sabtu kemarin (12/9). Kegiatan yang berlangsung di Sekretariat Kwarda Babel dibuka langsung oleh Ketua Kwarda Babel, Kak Melati.

Dalam sambutannya, Kakwarda menekankan pentingnya peran pembina dalam Organisasi Gerakan Pramuka. Beberapa kali kursus yang telah dilaksanakan, belum ada titik temu penyelenggaraan. Kegiatan rakornis ini pun bertujuan untuk menyamakan persepsi pola pembinaan dan pelatihan ke pramukaan.

"Kita apresiasi atas penyelenggaraan rakor kali ini. Karena setelah beberapa tahun Kwarda Babel berdiri baru kali ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi," jelas Kak Melati.

Sementara itu, Ketua Pusdiklat Kwarda Babel, Kak Zulfikar menerangkan, selama berdirinya pramuka di Babel, terutama di kwarcab, belum memiliki persepsi yang sama terkait Pembina Pramuka. Menurutnya, Pembina Pramuka di Gugus Depan merasa kekurangan, walaupun telah dilaksanakan berbagai kursus dan pelatihan namun tidak diimplementasikan.

"Mengingat hasil pasca kursus tidak terealisasi karena Kwarcab punya persepsi masing-masing. Untuk itu kita menyepakati bagaimana pelaksanaan itu. Sehingga kekurangan pembina bisa teratasi," urainya.

Kegiatan ini menghadirikan unsur Tim Pusdiklatda Babel dan Pusdiklatcab dengan total 21 orang. Kehadian para pelatih ini untuk menyusun keputusan dan kesepakatan tentang pedoman petunjuk penyelenggaraan penyelesaian narakarya dasar, narakarya lanjutan, naratama dasar maupun naratama lanjutan yang merupakan tindak lanjut bagi pembina dan pelatih pramuka usai mengikuti kursus.

"Hasil kesepakatan ini akan dibuat buku petunjuk dan di SK-kan kwartir daerah, hak paten di Kwarda Babel sudah punya petunjuk penyelenggaraan sendiri. Bukan mengada-ada tapi ada penjabaran pedoman anggota dewasa," tegas Kak Zulfikar.

Kemudian, buku paket panduan dan petunjuk penyelenggaran dibagikan kepada utusan pelatih Kwartir Cabang yang hadir. Selanjutnya, buku-buku tersebut akan dibagikan ke Kwartir Ranting se-Babel. (*)


Sumber : Kwarda Babel
Penulis : Juliadi
Editor : Awan
Fotografer : Humas Kwarda Babel

Selamat Datang di Website Resmi Kwartir Daerah Kepulauan Bangka Belitung